Pelajaran Gitar Pemula Sederhana

Trik dengan mempelajari akord gitar adalah memahami bagaimana fungsinya dalam progresi; Anda dapat mengetahui cara memainkan lima puluh akord dan tidak dapat memainkan satu lagu pun, sedangkan seorang gitaris yang tahu cara menghubungkan dua akord dengan benar dapat memainkan banyak lagu secara instan!

Mempelajari bentuk akord dari buku akord adalah tujuan yang sia-sia, Anda mempelajari bentuk tetapi tidak akan pernah mengerti cara kerjanya dalam progresi akord, itu seperti mempelajari kata-kata acak dari kamus … Anda tahu bentuk visual dari kata-kata chord tela tetapi tidak bisa merangkainya untuk mengomunikasikan pesan Anda dengan jelas.

Setelah Anda mempelajari akord dasar pada gitar, telinga Anda akan secara otomatis mulai mencari harmoni yang lebih kompleks; sebenarnya seluruh ide memainkan gitar ritem yang baik adalah untuk mencapai keseimbangan antara ketegangan dan pelepasan.

Berikut adalah persamaan gerak musik (tuliskan… ini penting!)

tegangan + pelepasan = gerak

Kumpulan akord dasar yang dipelajari oleh pemain gitar pemula adalah: akord mayor, minor, augmented, dan reducer.

Jenis akord berikutnya yang harus dipelajari adalah akord ketujuh: akord ketujuh mayor, ketujuh minor, ketujuh dominan; karena akord ini akan memberikan akord gitaris yang mengandung ketegangan tambahan.

Tentu saja terlalu banyak ketegangan dan kami akan mendapatkan hasil musik yang tidak memuaskan dengan cara yang sama seperti terlalu banyak rilis akan membuat penonton tertidur.

Kami ingin menggunakan ketegangan untuk menciptakan elemen kejutan dan ketertarikan dalam penampilan musik kami, Anda mungkin tidak pernah berpikir tentang musik dalam istilah ini, namun semua lagu favorit Anda memiliki keseimbangan ketegangan dan pelepasan yang rapi ini, itulah sebabnya Anda menyukainya!

Selanjutnya dan ke atas, kumpulan akord berikutnya yang harus dipelajari adalah akord kesembilan: kesembilan mayor, kesembilan minor dan kesembilan dominan.

Proyek hari ini akan fokus pada akord kesembilan yang dominan …

Simbol akord kesembilan yang dominan : C9

Rumus konstruksi akord kesembilan yang dominan : 1-3-5-b7-9

Aplikasi musik : paling sering digunakan sebagai pengganti akord ketujuh yang dominan, akord kesembilan menambahkan lebih banyak ketegangan pada keluarga akord ketujuh yang dominan.

Pada dasarnya idenya adalah … semakin besar ketegangan di latar belakang harmonik, semakin besar dampak akord pelepas terhadap pendengar.

Langkah 1. pilih skala besar

Langkah 2. menggunakan rumus konstruksi akord kami, ekstrak nada yang diperlukan.

Langkah 3. temukan nada yang sesuai di fretboard gitar.

Contoh dalam C mayor

Skala C mayor : CDEFGABC

rumus konstruksi chord : 1-3-5-b7-9

C9 = CEG-Bb-D

Contoh dalam G mayor

Skala G mayor : GABCDEF#-G

rumus konstruksi chord : 1-3-5-b7-9

G9 = GBDFA

Contoh di D mayor

Skala D mayor : DEF#-GABC#-D

rumus konstruksi chord : 1-3-5-b7-9

D9 = DF#-ACE

Contoh dalam F mayor

Skala F mayor : FGA-Bb-CDEF

rumus konstruksi chord : 1-3-5-b7-9

F9 = FAC-Eb-G

Kiat bonus : Jika Anda menemukan beberapa bentuk akord yang sulit dibentuk di fretboard, ingatlah bahwa Anda selalu dapat menghilangkan nada kelima dari akord tanpa kehilangan cita rasa dari akord kesembilan.

Saya mengundang Anda untuk menggunakan tips dan alat ini ketika Anda bermain gitar.

 

 

Leave a Comment